Gowes Pagi to Bundaran Mendagi : Gerung, Lombok Barat


Kalo di Jakarta ada namanya BHI, Bundaran Hotel Indonesia. Di Lombok juga ada namanya Bundaran Mendagi, Gerung, Lombok Barat. Bundaran ini dibangun kurang lebih lima tahun yang lalu dan beberapa bulan yang lalu mengalami proses perbaikan. Bundaran Gerung menjadi titik pertemuan jalur ByPass 1 dan 2 Lombok Internasional Airport, dengan jalur dari Gerung, Pelabuhan Lembar dan Kota Mataram. Ribet kan penjelasannya ? hehehe..

Akhir pekan yang lalu saya bersama si doi kencan bareng ke Bundaran Mendagi. Si doi gak laen yaitu sepeda baru yang saya beri nama Geblek. Pertama saya lihat Geblek di toko sepeda, saya langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Seperti melihat pertama kali dirimu  yang jauh disana ( mulai galau ). Berhubung saya lagi ngebet banget yang namanya bersepeda, bahasa gaulnya "gowes", dengan senang hati saya bawa si Geblek pulang kerumah, saya lamar dia dari Pak Toke yang punya toko sepeda. 




Hari pertama dengan si Geblek saya merasa nyaman. Tanpa ragu-ragu saya bawa dia gowes pagi ke Bundaran Gerung. Lumayan jauh dari rumah di Ampenan. Saya memilih jalur jalan lingkar selatan pinggiran Kota Mataram dan berbelok ke arah jalur By Pass 2 bandara LIA yang baru-baru saja selesai dibangun. Jalur yang dipilih saya rasa jalur yang terdekat dengan Bundaran Mendagi dan sangat cocok tempat pedekate dengan si Geblek.

Jalur By Pass 2 merupakan adek dari By Pass 1 yang lebih dulu dibangun. Dari kondisi, By Pass 2 lebih lebar daripada kakaknya. Ada jalur motor dan sepeda juga, yang jelas lebih kece. Pemandangannya juga lebih oke bila kita melalui jalur By Pass 2. Bisa melihat sawah-sawah, perbukitan, sunrise dan sunset. 

Udara pagi yang bersih, bebas dari kemacetan, melihat hamparan sawah yang sudah mendekati musim panen, sinar mentari yang hangat dan jalanan aspal yang masih basah diguyur hujan semalaman. Suasana seperti ini menemani saya sepanjang jalan mengayuh si Geblek hingga Bundaran Gerung. 

Kurang lebih satu jam perjalanan yang ditempuh. Lumayan lama juga, maklum masih pedekate dengan si Geblek. Jadi ngayuhnya pelan-pelan saja, sambilan menikmati suasana pagi.



Sesampai di Bundaran Mendagi, banyak para warga yang sedang berolahraga. Ada yang bersepeda, lari pagi, jalan pagi dan ada juga yang mojok dengan pasangan. Berdua di atas motor, yang cewek di duduk di depan, cowoknya duduk di belakang ( jangan berbuat mesum ya mas & mbak cakep !!! ).

Sempetin foto-foto dulu sambil istirahat. Setelah foto-foto dan istirahatnya selesai, saatnya melanjutkan perjalanan ke Gedung Putih ala Lombok Barat. Kalo di Amerika ada namanya White House, di Lombok juga ada bangunan yang hampir mirip dengan yang ada di negara Donald Trump tersebut.



Gedung Putih milik Lombok Barat ini merupakan kantor Bupati Lombok Barat. Dibuat bergaya klasik dan bernilai seni ( menurut saya peribadi ). Warga banyak yang datang kesini untuk sekedar foto-foto termasuk saya. Bila masuk kesini harus ijin dulu sama satpam yang berjaga, gak asal masuk karena ini merupakan area kantor. Harus jaga sopan santun lhoo !!!

Berhubung saya jauh-jauh gowes dari rumah kesini. Gak lengkap rasanya bila gak eksis-eksis dulu bareng Si Geblek, sepeda kesayangan saya sekarang. Setelah ijin dengan pak satpam untuk masuk dengan memberikan tujuan yang jelas mau ngapain. Awalnya sih bapaknya liat saya dari ujung kepala ampe si Geblek, mungkin dikira tourist Jepang kali ya ( muji diri sendiri ).

Sebenarnya ini kantor tempat papa saya bertugas, tapi bapak satpamnya gak kenal saya dan saya juga gak pernah liat bapaknya. Saya berharap bapaknya kenal saya, tapi faktanya emang saya gak dikenal ( ngarep buat dikenal ). Lupakan kenal mengenal... yang jelas saya diijinkan masuk sekedar foto-foto di Gedung Putih Lombok Barat bareng Si Geblek. Asyiikkkk !!!



Waktu sudah agak siang nih, setelah foto-foto sampe mual muntah. Saya bareng Si Geblek balik ke rumah. Lumayan keluarin keringat, sudah lama juga gak pernah olahraga. Bagi yang hobi gowes juga, kalian bisa coba rute yang saya gunakan.

Ngetrip gak mesti ke tempat-tempat indah, kece dan jauh. Ngetrip bisa dengan gowes di sekitaran rumah. Ngetrip sambil olahraga itu yang kece. Gowes atau bersepeda bisa menjaga tubuh kita dari serangan penyakit. Gak usah jauh-jauh, di sekitaran rumah juga gak apa-apa. Berolahraga, membuat tubuh sehat, hati dan pikiran bahagia itu baru ngetrip sesungguhnya.

Sampai bertemu di cerita gowes saya selanjutnya... Ditunggu !!! Bagi yang mau gabung gowes bareng silahkan, saya tunggu kabarnya ( ngarep-ngarep sedaapp ).

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

Komentar

  1. sepi ya :D
    saya juga tiap hari bersepeda ke tempat kerja, gak jauh sih cuma 2 kiloan :D
    salam gowes

    BalasHapus
  2. Ya sepi karena masih pagi.. :) .. Salam gowes jg.. Thanks Udh mampir :)

    BalasHapus
  3. Selamat Pagi Mas, mau konsultasi tentang perjalanan saya ke Lombok boleh Gak...???

    BalasHapus
  4. Salam kenal..pingin gowes ke bukit merese..pantai aan..kute

    BalasHapus

Poskan Komentar