Pages

Peresmian Islamic Center Lombok : Landmark Kota Mataram

Alhamdulillah 

Hari yang sudah ditunggu-tunggu datang juga. Sudah lama saya menunggu kesempatan yang sangat langka ini. Apa itu ? Silahkan kalian membaca sampai habis artikel ini !!!.

Pada hari Senin tanggal 12 September 2016 atau 10 Dzulhijjah 1437 Hijriah, seluruh umat muslim di seluruh dunia merayakan datangnya hari besar yaitu Idul Adha atau Hari Raya Kurban.

Tak terkecuali saya sendiri yang merasakan kebahagiaan luar biasa bisa merayakan Hari Raya Idul Adha di tahun ini. Alasan pertama, paman ( adik kandung mama ) sedang menunaikan ibadah haji dan alasan kedua melaksanakan shalat ied untuk pertama kali di masjid kebanggaan warga Kota Mataram dan sekitarnya sekaligus menjadi saksi atas acara peresmian Islamic Center Lombok yang bernama Masjid Hubbul Wathan. 


Masjid yang memiliki luas sekitar 6,7 hektar ini merupakan masjid terbesar dan termegah di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang mulai dibangun saat pemerintahan Bapak Gubernur TGB M. Zainul Majdi yang masih menjabat sebagai Gubernur NTB sampai saat ini. Dimana masjid ini memiliki menara 5 buah dan satu menara menjadi menara paling tinggi dengan ketinggian sekitar 99 meter, jadi nama menara ini yaitu menara 99 sesuai dengan jumlah Asmaul Husna atau sifat Allah SWT sebanyak 99 sifat. Yang menjadi daya tarik dari masjid ini yaitu bentuk kubahnya seperti corak batik Sasambo  ( Sasak Samawa Mbojo ) yang menjadi ciri khas dari batik Provinsi NTB. Berwarna keemasan dengan campuran garis-garis hijau yang sungguh mengagumkan. Subhanallah.... !!!


Masjid Hubbul Wathan yang mengandung arti Cinta Tanah Air, diharapkan kita sebagai warga Kota Mataram dan Provinsi NTB agar selalu memakmurkan masjid ini dengan penuh cinta, kasih dan sayang semata-mata demi mendapatkan keberkahan dan pahala dari Allah SWT.


Bangun pagi-pagi agar gak kesiangan berangkat shalat ied walaupun telat bangun untuk shalat Subuh, hehehe ( jangan ditiru ). Berhubung ortu dan adik-adik shalat ied di masjid dekat rumah, jadinya hanya saya sendiri yang shalat ied di masjid ini. Ngejomblo lagi kita !!! Sabaarrrr... Udara dingin, cuaca cerah tanpa satu awan putih pun yang menghiasi langit biru, menyambut saat sampai di parkiran sebelah barat masjid yang berupa tanah lapang yang sangat luas. Dari kejauhan bangunan masjid yang sudah hampir selesai pembangunannya ini sangat megah dan menjadi landmark baru dari Kota Mataram. 





Para jamaah sudah memadati area dalam bangunan masjid. Syukurnya saya dapat tempat untuk shalat walaupun di teras luar bagian sayap kanan masjid karena di ruang dalam ternyata sudah dipadati para jamaah yang sudah datang terlebih dahulu. Padahal saya sudah sepagi mungkin datangnya, ternyata lebih pagi jamaah yang lain. 



Sekitar jam 7 pagi, panitia shalat ied mengumumkan bahwa shalat ied akan segera dimulai. Sebelum dimulai, ada beberapa sambutan dari Bapak Walikota Mataram, Pak Ahyar Abduh dan dilanjutkan dengan sambutan dari Gubernur Nusa Tenggara Barat, Pak TGB.M.Zainul Majdi. Setelah itu shalat ied segera dimulai dan dilanjutkan dengan khutbah Idul Adha.



Sekitar jam 8 pagi rangkaian acara shalat ied Idul Adha selesai juga, panitia segera mengumumkan bahwa acara peresmian penggunaan Masjid Hubbul Wathan untuk pertama kalinya segera dimulai. Para jamaah segera mengambil posisi untuk mengabadikan moment bersejarah ini. Saya juga langsung ke tempat acara peresmian, tapi sebelumnya gak puas rasanya gak foto-foto ala kekinian bersama kemegahan Islamic Center Lombok terlebih dahulu. 

Jujur saja, ada perasaan bahagia dari diri saya sendiri karena secara langsung menjadi saksi atas peristiwa bersejarah ini. Lumayan ada cerita untuk anak cucu kelak ( nikah saja belum yaak ??? ).




Para jamaah saling berebutan untuk dekat dengan bapak gubernur disaat detik-detik penandatanganan prasasti peresmian Islamic Center Lombok ini. Dari anak-anak sampai ibu-ibu gak mau kalah dengan bapak-bapak untuk dekat langsung bersama bapak gubernur untuk mengambil foto bersama beliau.

Kali ini saya mah jangan ditanya, saya sudah kalah duluan dengan yang lainnya sehingga hanya bisa mengambil foto dari jauh saja. Lumayan dapat beberapa foto daripada gak sama sekali.




Setelah bapak gubernur menandatangani prasasti peresmian Masjid Hubbul Wathan, Islamic Center Lombok, selanjutnya ada sesi pemukulan bedug sebagai tanda bedug pertama yang terdengar dari masjid termegah se-NTB ini. Bedugnya gede sekali, kalah badan saya kalo kayak gene. Kali ini saya belum beruntung juga, walaupun jarak dengan bapak gubernur lebih dekat, tapi posisi saya berada di belakang beliau. Hmmmmmm... Sabar Bos !!!.

Acara peresmian Masjid Hubbul Wathan, Islamic Center Lombok selesai juga. Satu persatu para jamaah meninggalkan area masjid. Ada juga para jamaah yang masih bertahan untuk foto-foto selfie ala kekinian ( termasuk saya juga,hehehehe ). Sepertinya gak ada rasa bosan untuk memandang kemegahan masjid yang menjadi landmark terindah yang dimiliki oleh warga Kota Mataram khususnya warga Pulau Lombok. 

Berbicara soal kemegahan Masjid Hubbul Wathan, saya sudah membuat artikel di postingan sebelumnya, bisa di buka disini. Masih banyak lagi yang bisa diceritakan tentang kemegahan masjid ini dan saya akan melanjutkan ceritanya di postingan selanjutnya dengan moment yang berbeda. Jadi sabar menunggu yaak !!!.

Saya bersama keluarga besar mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1437 Hijriah. Minal Aidin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat bersantap masakan daging kurban. Ingat jangan banyak-banyak makannya !!!.

Catatan :
Lokasi Masjid Hubbul Wathan, Islamic Center Lombok di persimpangan antara Jalan Langko dan Jalan Udayana, Depan Bank Indonesia, Kota Mataram. 

Penulis: Lazwardy Perdana Putra

google.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar