Pages

Wajah Baru Lombok : Tebing Kelep, Senaru

Gak ada salahnya di Bulan Puasa ini kita ngetrip tanpa harus merusak ibadah puasa. Salah satunya dengan mengisi waktu berpuasa dengan jalan-jalan ke beberapa destinasi kece. Tapi ngetrip yang saya maksud disini bukan yang membutuhkan tenaga yang ekstra, Soft Ngetrip saja. Bisa dihitung-hitung ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba. Biar kita tambah semangat untuk berpuasa.

Salah satu destinasi kece, rekomendasi dari saya yang cocok bagi kalian disaat menjalankan ibadah puasa yaitu Tebing Kelep, Desa Senaru, Lombok Utara. Tempat yang tergolong baru dan lagi nge-hits akhir-akhir ini di Lombok.

Kebetulan sebelum masuk bulan puasa, saya bersama adik-adik touring ke Tebing Kelep dengan waktu tempuh dua jam perjalanan dari Kota Mataram menggunakan motor matic. Penasaran dengan postingan orang-orang di instagram tentang Tebing Kelep ini. Beberapa kali ditunda, akhirnya saya jadi ke tempat kece yang satu ini.




Jalur menuju Tebing Kelep gak terlalu susah, menggunakan motor juga bisa asalkan gak pake mobil saja. Kalo pakai mobil, hanya bisa sampai di parkiran Desa Adat Senaru. Selanjutnya berjalan kaki kurang lebih sepuluh menit. Tebing Kelep sebenarnya sebuah kebun kopi dan cokelat. Why diberi nama Tebing Kelep ? Tebing Kelep merupakan sebuah tebing yang memiliki pemandangan yang indah dengan Air Terjun Tiu Kelep yang terlihat dari kejauhan.






Ada kafe bernama Coffe Plantation yang berada disini. Mumpung masih bulan promosi, kami mendapatkan segelas minuman gratis dari pengelola cafe tersebut. Ada kopi susu hangat, susu jahe hangat, dan kopi susu jahe hangat yang bisa dipesan gratis ( bila gak berpuasa ). Bila ingin menambah menu, kita bisa memesan beberapa makanan dan minuman yang lainnya, tapi dikenai biaya tambahan lhoo... Tempatnya juga asyik, ada beberapa bangku kayu dan meja kayu untuk bersantai-santai.

Gak hanya bersantai sambil menikmati keindahan Hutan Senaru dan Air Terjun Tiu Kelep saja, tapi kami juga bisa melihat Puncak Gunung Rinjani 3726 mdpl dari Tebing Kelep. Tapi sayang, kami datangnya agak telat, puncak sudah tertutup oleh awan tebal. Walaupun demikian, gak mengurangi keindahan Gunung Rinjani tersebut. 






Datang kesini, gak lengkap rasanya bila hanya bersantai-santai saja. Disini terdapat sebuah undakan yang terbuat dari kayu dan telah dipasangi pagar sebagai pembatas untuk berfoto. Penataannya bagus sekali, sehingga bagi yang ingin berfoto alias eksis terjamin keamanannya, asalkan jangan loncat aj ( gak boleh ditiru ). 

Melihat dan menikmati salah satu sisi keindahan Hutan Senaru bersama Air Terjun Tiu Kelep adalah dari Tebing Kelep ini. Tebing ini gak kalah indahnya dengan tebing-tebing yang lain di Indonesia. Bagi kalian yang belum datang kesini, bisa jadi referensi mengisi waktu liburan kalian di Pulau Lombok. 

Jalur :
- Kota Mataram - Hutan Pusuk ( Monkey Forest ) - Pemenang - Tanjung - Gangga - Bayan - Senaru - Tebing Kelep ( Jalur pendakian Gunung Rinjani via Senaru ).

Tiket masuk :
- Gratis
- Bayar parkir motor Rp.5.000,- per motor
- Ojek dari Desa Adat Senaru Rp. 10.000,- per orang

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

2 komentar:

  1. gan... boleh izin minta fotonya gak, bua di buletin Lombok Utara , makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh asalkan kasi nama sumber fotonya atas nama blog saya gan.. sebagai media promosi blog saya gan.. Terimakasi

      Hapus