Pages

Nongkrong Sore di Hutan Mangrove Lembar, Cemara Beach


Pulau Lombok gak pernah ada habisnya. Mengapa saya bilang begitu?, karena setiap detik ada saja destinasi-destinasi yang bermunculan ke permukaan. Di tahun 2016 ini, saya bersama teman-teman mendatangi sebuah tempat yang dulunya gak begitu mainstream dan sekarang menjadi buruan para pencinta jalan-jalan baik dalam maupun dari luar Pulau Lombok. 



Sebut saja Hutan Mangrove Lembar yang berada di Desa Cemara, Kecamatan Lembar. Kurang lebih 500 meter dari Pelabuhan Lembar, Lombok Barat. Sejak tempat ini diposting di sosial media, hutan mangrove ini dicari-cari oleh banyak orang termasuk kami sendiri. 

Gak susah mencari jalur menuju tempat ini. Dari Kota Mataram kita mengambil jalur menuju Pelabuhan Lembar. Sebelum masuk pelabuhan, di kanan jalan terdapat papan petunjuk menuju Pantai Cemara, ikutin arah papan petunjuk. Setelah itu kita sampai di pertigaan, ambil jalur ke arah kanan. Tepat setelah melewati kantor Polisi Laut di kiri jalan terdapat gang kecil. Masuk ke gang kecil tersebut dan gak jauh dari jalan besar kita sudah sampai di post Hutan Mangrove Lembar.




Saat itu hujan baru saja berhenti, maklum baru masuk musim penghujan. Udara masih menyisakan kesejukan hujan yang sebelumnya lumayan besar. Nongkrong sore-sore di Hutan Mangrove Lembar menambah catatan cerita perjalanan bersama ketiga sahabat saya.



Hanya cuma nongkrong saja gak cukup bagi kami. Bermodal kamera dslr dan Xiaomi Yi ( bukan promosi ), kami mulai mengexplore hutan mangrove ini. Jepret sana jepret sini dan gak lupa eksis sedikit apalagi membawa properti balon warna-warni, menambah keseruan di sore itu.



Ketika bersantai sejenak di pinggir jembatan, saya melihat ada dua buah perahu yang sedang nganggur di tepi sungai. Ketika saya menanyakan kepada seorang ibu yang menjaga tempat wisata ini boleh gak kita menggunakan perahunya untuk berkeliling di sekitaran hutan mangrove. Ternyata si ibu mengijinkan kami untuk menggunakan perahunya. Kami berempat gak mungkin menaiki satu perahu, akhirnya kami menggunakan dua perahu. Masing-masing perahu dinaiki oleh tiga orang ( dua penumpang dan satu pengemudi ). 



Di perahu yang satunya dinaiki oleh dua sahabat saya alias pasangan suami istri ( Mas Junk dan Nova), sedangkan perahu yang beratap kain terpal dinaiki oleh saya dan Hakim ( pasangan jomblo ). Ada yang unik di perahu yang saya tumpangi. Perahunya kecil dan pengemudinya pun anak kecil. 

Ada sedikit keraguan di dalam pikiran saya melihat kondisi perahunya. Saat saya naik, perahunya hampir tenggelam alias keberatan. Untung saja pengemudinya anak kecil, jadi kami terselamatkan. Maklum penumpangnya besar-besar, ha...ha..ha.. 



Gak hanya kami saja yang menaiki perahu. Ada beberapa remaja penduduk setempat yang menaiki perahu dengan model lain ( liat foto di atas ). Saya yang melihatnya saja serem tapi gokil juga mereka, mendayung sambil ketawa ketiwi padahal perahunya hampir terbalik,ha..ha..ha. 

Gak disangka, ternyata hutan mangrove ini gak kalah dengan hutan mangrove di tempat lain yang sudah saya explore. Detik demi detik saya menikmati moment-moment indah duduk di perahu kecil sambil menikmati kesejukan hutan mangrove di sore itu.

Wajah baru di Pulau Lombok menambah daftar destinasi wisata di Gumi Sasak ini. Semoga pemerintah setempat serius dalam menjaga dan melestarikan hutan mangrove yang selain memiliki nilai keindahan, hutan mangrove juga memiliki banyak manfaat bagi ekosistem di sekitarnya. Gak hanya pemerintah setempat, kita juga harus bersama-sama menjaga dan jangan sampai merusak apa yang Allah sudah ciptakan. 

Catatan :
- Penyebutan Hutan Mangrove Lembar itu berasal dari kami sendiri karena letaknya di dekat Pelabuhan Lembar, jadi kami menyebutnya dengan nama tersebut.
- Jalur Hutan Mangrove Lembar : Kota Mataram - Gerung - Lembar - Pantai Cemara
- Tiket masuk Rp.5.000 ( sudah termasuk uang parkir )
- Sewa perahu Rp. 7.000 per orang

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

5 komentar:

  1. Thank you infonya Mas :)
    Membantu...
    Mau ke sana besok 💃💃💃
    Semoga nggak nyasar~

    BalasHapus
  2. Thank you infonya Mas :)
    Membantu...
    Mau ke sana besok 💃💃💃
    Semoga nggak nyasar~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks udh mampir d blog saya... Semoga gak kecewa membacanya :)

      Hapus
  3. Thanks infonya, Masnyaaa. Besok mau ke sana nih. Hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks udh mampir.. Iya, semoga liburannya menyenangkan.. Amiin :)

      Hapus