Pages

Selong Belanak : My Favourite Beach


Dari sekian banyak pantai-pantai yang sudah saya explore di Pulau Lombok. Ada salah satu pantai yang menjadi favorit saya. Banyak hal yang membuat langsung jatuh cinta dengan pantai ini. Sejak pertama kali kesini sekitar awal tahun 2014 yang lalu, pantai ini yang terindah dari pantai-pantai yang lain. Selong Belanak selalu memberikan potret terbaik di dalam hati saya.


Walaupun jarak yang lumayan jauh dari Kota Mataram yaitu sekitar dua jam perjalanan menggunakan motor, gak menurunkan semangat saya untuk segera sampai di Selong Belanak. Gak hanya wisatawan lokal saja, tetapi dari mancanegara pun ramai sekali yang datang. Bisa dilihat dari banyaknya pengunjung yang datang hari itu untuk menikmati alam pantai di musim panas ini. Deretan warung-warung serta tempat untuk berjemur untuk para pengunjung, melengkapi fasilitas dari Selong Belanak.




Banyak hal yang dilakukan di pantai ini, antara lain bermain pasir seperti yang dilakukan para orang tua dengan anak-anaknya, berenang, snorkeling, bersantai-santai dan yang paling penting yaitu mengambil foto. Ombaknya pun gak terlalu besar dengan kondisi pantai yang gak landai, sehingga sangat aman untuk berenang atau sekedar bermain air. Pasir putih yang sangat halus serta terik matahari yang menyengat melengkapi hari-hari saya bersama Pantai Selong Belanak.



Gradasi warna laut yang didukung dengan cuaca cerah berawan. Ada satu hal yang saya suka dengan pantai ini, deretan perbukitan yang berada di sebelah barat pantai. Bila musim hujan tiba, deretan perbukitan berwarna hijau tua. Saya menyebutnya dengan sebutan Raja Ampat miliknya Pulau Lombok. Bila musim panas sekarang perbukitannya berwarna cokelat ala Indonesia bagian timur.


Bule saja sudah pernah kesini, masak teman-teman yang rumahnya sekitaran Pulau Lombok atau dekat sama pantai ini belum pernah ke Selong Belanak ?, sayang sekali jika belum pernah. Sempat saat itu menyapa salah satu bule asal Australia yang sudah seminggu berlibur di Pulau Lombok. Berhubung saya gak terlalu mahir berbicara Inggris, jadinya cuma bicara ala kadarnya dan selebihnya menggunakan bahasa isyarat. Hasilnya saya bersama sahabat saya Si Ocha bisa merayu si Mr.bule untuk berfoto bersama. Pantai ketiga yang kami explore pada hari itu setelah Goa Kotak dan Batu Payung. 

Catatan :
- Rute yang dapat ditempuh : Kota Mataram - By Pass Bandara Internasional Lombok - Penujak - belok ke kanan jalan samping Masjid Penujak - Pantai Selong Belanak.
Rute : Kota Mataram - By Pass Bandara Internasional Lombok - Penujak - Bandara Internasional Lombok - Desa Sade - Pantai Kuta Mandalika ( belok ke kanan arah menuju Pantai Mawun ) - Pantai Ariguling - Pantai Mawun - Pantai Mawi - Pantai Selong Belanak.
- Tiket Masuk Rp.10.000,- per motor

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

4 komentar:

  1. cantik dan bersih pantainya, mampir ke warung kita juga ya sablon gelas plastik di bogor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasi udh mampir... Ya nanti saya akan mampir. Salam kenal

      Hapus
  2. Alhamdulillah klo keren... makasi udh mampir cha.. hehehe

    BalasHapus