Pages

Eksotisme Air Terjun Mangku Kodeq, Lombok Timur


Seperti ibarat "makin digali, makin banyak harta karun yang kita dapatkan"

Begitu juga dengan pulau kita tercinta ini " Pulau Lombok". Pulau yang memiliki puluhan air terjun yang tersembunyi di rimbunnya hutan di kaki Gunung Rinjani, membuat pencinta air terjun tertantang untuk menjelajahinya. Bagaimanapun caranya pasti dilakukan demi mendapatkan kepuasan dan foto yang kece.

Kali ini saya menulis tentang perjalanan ngetrip bersama para Crew Patrick dan Alligator ke salah satu air terjun yang sedang terkenal saat ini yaitu Air Terjun Mangku Kodeq. Saya belum mendapatkan info yang jelas mengapa diberi nama Mangku Kodeq, yang pastinya air terjun ini gak seperti air terjun biasanya, hanya sebuah pancuran kecil yang berada di antara tebing bebatuan.


Air Terjun Mangku Kodeq dapat ditempuh sekitar dua setengah jam perjalanan menggunakan motor dari Kota Mataram. Berada di Desa Sajang, setengah jam perjalanan dari Desa Sembalun Lawang. Sebenarnya air terjun ini masih berada dalam kawasan Air Terjun Mangku Sakti, akan tetapi posisi air terjunnya berada di bawah Air Terjun Mangku Sakti yang terlebih dahulu terkenal.


Jika berbicara soal kondisi trek yang kami lewati, kami harus mempersiapkan kendaraan yang akan digunakan. Jangan sampai salah menggunakan kendaraan karena kondisi trek yang cukup merepotkan yaitu naik turun naik turun melewati lembah dan padang savana yang cukup indah dipandang. Akan tetapi kondisi treknya yang sekarang agak lebih baik dibandingkan kondisi trek pada saat saya untuk pertama kali ke Air Terjun Mangku Sakti, Saya ucapkan terimakasi kepada warga Desa Sajang yang sudah berusaha memperbaiki jalur menuju air terjun walaupun dengan dana yang terbatas alias uang tiket masuk pengunjung sebesar lima ribu rupiah per orang.


Dari pos pertama, kami sudah berhadapan dengan kondisi trek yang cukup merepotkan, melewati perumahan penduduk desa yang sebagian besar beragama Hindu. Semakin lama kita memasuki hutan treknya gak lagi lurus, tetapi sudah naik turun dengan kondisi berdebu dan berbatu walaupun sudah ada perbaikan jalan. Dengan kondisi kendaraan yang cukup prima akhirnya kami sampai di pos kedua dengan waktu tempuh setengah jam perjalanan dari pos pertama. Bisa dikatakan pos kedua merupakan pos terakhir untuk kendaraan kami. Dari pos kedua kami harus berjalan kaki lagi menyusuri hutan Desa Sajang kurang lebih lima belas menit hingga sampai di Air Terjun Mangku Kodeq.


Sebelum kita bertemu dengan Air Terjun Mangku Kodeq, kita akan bertemu dengan aliran sungai yang dihiasi oleh tebing bebatuan, ternyata letak air terjunnya tersembunyi. Kami harus menyusuri aliran sungai kurang lebih seratus meter hingga sampai di pusat air terjun. Dasar sungai bercampur lumpur yang mengandung belerang serta bebatuan yang lumayan licin saat kami pijaki, agak merepotkan kami untuk menyusurinya. Akan tetapi semuanya berhasil kami lewati dengan perasaan senang bercampur capek.


Walaupun pakaian kami basah kuyup saat menyusuri aliran sungai, rasa capek dan laper terbayarkan dengan indahnya Air Terjun Mangku Kodeq. Ternyata air terjunnya sama persis dengan yang saya lihat di sosial media. Ini tempat memang kece, seperti yang saya bayangkan sebelumnya. Musim panas memang waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat sekeren Air Terjun Mangku Kodeq. Gradasi warna air sungai dari putih kehijauan seperti air belerang ditambah dengan tebing bebatuan yang cukup kokoh, membuat tempat ini seperti surganya dunia.


Berendam di aliran sungai Air Terjun Mangku Kodeq yang mengandung belerang, dipercaya baik untuk kesehatan kulit. Dalam dunia kesehatan juga air belerang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, asalkan jangan digunakan untuk  air minum saja karena BERBAHAYA !!!.


Setelah berpuas diri berendam sambil berfoto, kami pun segera bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan menuju air terjun yang satunya lagi yang gak kalah kecenya dan masih dalam kawasan Air Terjun Mangku Kodeq. 

Gimana, kalian berminat ke Air Terjun Mangku Kodeq ???

INGAT JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN !!!

Catatan :
- Biaya masuk menuju Air Terjun Mangku Kodeq sebesar Rp.5.000,- per orang ditambah uang parkir sebesar Rp. 5000,- per motor
- Rute yang dapat ditempuh :
1. Kota Mataram - Narmada - Mantang - Kopang - Masbagik - Aikmel - Suela - Sembalun Bumbung - Sembalun Lawang - Desa Sajang - Mangku Kodeq.
2. Kota Mataram - Gunung Sari - Pusuk - Pemenang - Bangsal - Tanjung - Gangga - Bayan - mengarah ke Sembalun - Desa Sajang - Mangku Kodeq
- Waktu tempuh 2,5 jam perjalanan.

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

7 komentar:

  1. wah petualangan yang seru mas bareng kawan-kawan nih mantap euuyy...

    BalasHapus
  2. Thanks udh mampir d blog saya.. Fotonya kbetulan aj bagus.. Hehehe.. Dtunggu crita trip slanjutnya... Stiap bulan pasti da postingan n destinasi terbaru.. :) #Promosi

    BalasHapus
  3. Thanks udh mampir d blog saya.. Fotonya kbetulan aj bagus.. Hehehe.. Dtunggu crita trip slanjutnya... Stiap bulan pasti da postingan n destinasi terbaru.. :) #Promosi

    BalasHapus
  4. jalan-jalan sama temen emang seru ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru bnget.. Thanks udh mampir d blog saya :)

      Hapus
    2. Seru bnget.. Thanks udh mampir d blog saya :)

      Hapus