Pages

Survivor : Trekking to Benang Kelambu Waterfall


Tepat empat hari sebelum memasuki bulan puasa, saya bersama para "kru patrick" melakukan trekking ke salah satu air terjun terindah di wilayah Lombok Tengah. Sebut saja namanya Air Terjun Benang Kelambu yang memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan air terjun lainnya yang ada di Pulau Lombok. Terletak di tengah hutan Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara dengan memakan waktu 1,5 jam perjalanan dari Kota Mataram. 


Mungkin banyak para travelers dari luar Lombok yang sudah sering mendengar dan melihat keindahan dari Air Terjun Benang Kelambu di acara tv atau blog traveling, tetapi belum sempat kesini. Saya rasa para travelers harus wajib kesini karena air terjun ini sangat indah dan nyaman untuk dikunjungi. Kegiatan yang bisa dilakukan disini antara lain : berfoto, bermain air, berendam, ngumpul bersama keluarga dan teman-teman terdekat, pijat refleksi di bawah air terjun, dan cuci mata pastinya. 


Jalur dilewati juga gak terlalu ekstrem, dari parkiran motor / mobil kita akan melewati jalan setapak yang sudah lumayan baik kurang lebih 50 meter hingga sampai di pos 1 yaitu di Air Terjun Benang Stokel. Kami gak singgah di Air Terjun Benang Stokel karena waktu sudah terlalu sore, sehingga kami langsung melanjutkan trekking lagi ke Air Terjun Benang Kelambu. Sekitar 300 meter jarak antara Air Terjun Benang Stokel dengan Air Terjun Benang Kelambu. 


Jalur trekking ke Air Terjun Benang Kelambu dar Air Terjun Benang Stokel bisa dibilang susah-susah gampang tetapi gak ekstrem, bagi yang sudah biasa trekking mungkin itu hal yang menyenangkan, sedangkan bagi yang gak pernah trekking sama sekali mungkin akan terasa melelahkan dan jauh. No problem, rasa capek kita akan terbayarkan ketika sudah melihat Air Terjun Benang Kelambu dari atas jalur yang berupa tangga semen yang dibuat oleh pemda setempat. Keren banget !!!.


Mirip seperti kelambu yang disela-selanya keluar air mengalir, keren banget. Saya walaupun sudah beberapa kali kesini, tetapi gak bosan-bosan datang kemari untuk sekedar menenangkan pikiran dan berendam. Airnya sangan dingin dan menyegarkan seluruh tubuh dan kepala, udaranya pun sangat sejuk serta mata selalu dimanjakan dengan tumbuh-tumbuhan yang berwarna hijau. 



Di bagian kanan air terjun utama, terdapat air terjun yang gak kalah derasnya. Disini kece sekali untuk mengambil foto. Sedikit cerita mitos dari Air Terjun Benang Kelambu yaitu masyarakat sekitar percaya bahwa Dewi Anjani yang merupakan makhluk gaib yang dipercaya penunggu Gunung Rinjani, pada waktu-waktu tertentu dia turun dari gunung untuk mandi dan membersihkan rambutnya di air terjun ini. Oleh sebab itu masyarakat percaya jika ada masalah dengan rambut maka solusinya mandi di air terjun ini. 




Di luar cerita mitos dari Air Terjun Benang Kelambu, gak diragukan lagi akan keindahan dari air terjun ini. Dari berbagai macam posisi, hasil foto kita akan kece semua. Dan yang saya sukai dari tempat ini yaitu bentuk air terjunnya seperti kelambu dan warna hijaunya menjernihkan mata memandang. 



Berada di bawah air pancuran alami, membuat kami lupa waktu. Bermain air di atas bebatuan yang dikelilingi tumbuhan hijau sekitar air terjun ibarat orang yang sudah dua hari gak pernah mandi, Segeerrrr mbak broo !!!.


Sedikit melakukan atraksi yang cukup menegangkan yaitu loncat ke kolam buatan yang terletak di tingkatan terbawah air terun. Kolamnya gak dalam-dalam amat, tetapi pada saat loncat, mental kita akan diuji. Loncat gak ya loncat gak ya ? akhirnya loncat juga. Ciaaattttt.... Buuuurrrrrrr, Alhamdulillah badan gak sakit terkena dasar kolam karena dasar kolam berupa pasir. Pastinya kece sudah berani loncat dari atas air terjun. 


Selesai melakukan atraksi loncat ke kolam buatan, kita santai-santai sejenak sambil berendam di kolam yang airnya seger banget. Rasanya gak mau pulang ke rumah jika berada di surganya Pulau Lombok ini. 


Kegiatan terakhir yang kami lakukan yaitu pijet refleksi di bawah air terjun, rasanya seperti dipijet oleh ahlinya. Badan terasa segar kembali dan otak kembali ringan. Berhubungan sekarang kita umat muslim lagi menjalankan ibadah puasa, kami "kru patrick" mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga kita diberikan kesehatan dan umur panjang sehingga bisa menjalankan ibadah puasa dan traveling pastinya dengan lancar dan bahagia. 

My Trip My Adventure !!!

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

2 komentar:

  1. Nice post...

    Kemarin waktu ke Lombok sempat berkunjung ke Air terjun benang kelambu, panorama air terjun yang sangat istimewa. Salam kenal :)

    Mampir juga ya ke lajurpejalan.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal jg... thanks udh mampir d my blog... Okeeh nanti saya mampir... seneng brjumpa dgn ssama travel bloger :)

      Hapus