Pages

Kesejukan Taman Narmada


Sore hari setelah pulang kerja, saya ingin sekali jalan-jalan ( cuci mata ) sekalian hunting foto. Sayangnya pas saat itu habis hujan besar di sekitaran Kota Mataram. Males juga mau ngetrip ke tempat yang jauh dari rumah. Akhirnya ada ide untuk jalan-jalan ke Taman Narmada juga. Setelah sms ke temen-temen, saya bersama beberapa dari " kru patrick " yang lain menuju ke Taman Narmada.


Gak jauh dari pusat Kota Mataram, sekitar 15 menit kita sudah sampai di taman yang terkenal dengan air awet mudanya ini. Sebagian besar agen travel disini, mengantar tamunya ke tempat ini untuk melihat replika dari Gunung Rinjani bersama Danau Segara Anak. Emang bener sih jika dilihat sekilas, bentuknya seperti Danau Segara Anak yang berada di Gunung Rinjani. Bisa teman-teman buktikan sendiri bila berkunjung ke tempat ini, he..he..he.


Ini taman bukan sembarang taman yang kita bayangkan. Walaupun taman rekreasi, tapi ini tempat peribadatan umat Hindu yang berada di Pulau Lombok dan sekitarnya. Bisa dilihat dari banyaknya ornamen-ornamen suasana Bali, seperti Pura yang merupakan tempat persembahyangan umat Hindu dan bentuk bangunan Bali lainnya. Jadi kita bila berkunjung ke tempat ini, harus jaga tata krama dan sopan santun. Saling menghargai antar agama pastinya. 




Berada di tempat ini membuat pikiran kita kembali jernih setelah seharian beraktivitas mencari duit. Udara yang sejuk, jauh dari polusi, kolam taman yang jernih, air pancuran yang adem, rumput dan pepohonan yang hijau, ditambah dengan ornamen-ornamen yang menjadi ciri khas dari Taman Narmada, seolah-olah berada di Bali.




Taman Narmada dibuat pada saat Raja Anak Agung Ngurah Karangasem yang merupakan raja dari Kerajaan Karangasem berkuasa hingga ke Pulau Lombok. Jadi gak heran jika bentuk tamannya sekilas seperti taman yang berada di Karangasem, Pulau Bali. 



Saat kami berada di Taman Narmada, sedang berlangsung upacara sembahyang oleh umat Hindu. Bau dupa yang dibakar bersama wangi-wangian yang khas dari Bali membuat suasana menjadi hening dan sangat nyaman untuk menenangkan pikiran.  


Berjalan ke sisi selatan Taman Narmada, banyak sekali tempat-tempat yang cocok untuk fotoan. Salah satunya foto yang ada di atas, keren bukan?. 






Di sisi paling selatan dari Taman Narmada, kita akan menjumpai sebuah waduk buatan yang lumayan luas. Wah, keren banget waduk ini. Disini kita bisa melakukan berbagai macam kegiatan, seperti memancing, sekedar duduk-duduk menikmati waduk, dan berfoto pastinya yang membawa kamera.



Untuk teman-teman pecinta fotografi, kalian bisa ke tempat ini. Ini tempat keren habis. Sebuah saluran air yang bentuknya seperti tangga yang dibuat untuk pengairan ke beberapa tempat di sekitar Taman Narmada. Para masyarakat setempat memberikan sebutan untuk saluran ini dengan nama "Seribu Anak Tangga". Jika dilihat sepintas mirip seperti ular raksasa. 

Gimana tentang Taman Narmada, Keren bukan???.

Catatan :
- Jarak Taman Narmada dari Kota Mataram kurang lebih 10 kilometer sebelah timur Kota Mataram.
- Bagi teman-teman yang menginap di seputaran Kota Mataram, gak terlalu jauh bila berkunjung kesini.
- Jalur yang dapat ditempuh : Kota Mataram - Taman Narmada.
- Tiket masuk menuju area taman yaitu sebesar Rp.6.000,- untuk tourist lokal dan Rp. 12.000,- untuk tourist asing.

Penulis : Lazwardy Perdana Putra


2 komentar:

  1. Keren foto-fotonya mas. Blognya jadi hidup!

    BalasHapus
  2. Terimakasi... ini juga masih belajar ngeblog... seneng aj brcerita tentang perjalanan liburan ke tempat-tempat keren ... :)

    BalasHapus