Pages

Ogoh-Ogoh Picture : Umat Hindu di Pulau Lombok


Umat Hindu di seluruh Indonesia khususnya di Pulau Lombok, merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1937. Baik di Pulau Bali yang mayoritas beragama Hindu dan di kota-kota lain yang ada di seluruh Indonesia, sebelum melakukan hari raya nyepi, biasanya mereka mengadakan acara arak-arakan patung raksasa berwujud setan atau roh-roh jahat menurut ajaran Hindu yang dinamakan "Ogoh-Ogoh".

Kali ini saya akan menampilkan beberapa koleksi foto-foto "Ogoh-Ogoh" hasil jepretan saya sendiri, meskipun hanya memakai kamera Hp 8MP, hasilnya pun cukup lumayan cooyy. 





Dari anak-anak sampai para remaja baik laki-laki maupun perempuan yang beragama Hindu sangat antusias mengikuti acara ini. Dimana setiap banjar, memiliki satu atau lebih "Ogoh-Ogoh" yang siap diarak-arak di sepanjang Jalan Pejanggik, Cakranegara, Kota Mataram. Penonton pun gak kalah hebohnya saat menonton arak-arakan ini.




Sudah gak diragukan lagi para wanita Bali itu cantik-cantik dan seksi. Apalagi bila memakai pakaian khas Bali, akan terpancar aura kecantikan yang mereka miliki. 










Ini dia "Ogoh-Ogoh" yang menurut saya paling terbaik dari yang terbaik dari "Ogoh-Ogoh yang lainnya. "Ogoh-Ogoh" yang memiliki tubuh kekar dengan kepala menyerupai kepala babi. Saya menamainya dengan sebutan "Ogoh-Ogoh Siluman Babi".






Meskipun saya bukan beragama Hindu, saya sangat menyukai berbagai macam acara atau festival yang ada di Indonesia bahkan dunia. Terutama acara atau festival yang memiliki unsur budaya yang khas dan memiliki nilai seni yang tinggi. Bagi saya acara seperti ini sangat cocok untuk dijadikan wisata budaya khususnya di Pulau Lombok. 

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

1 komentar:

  1. buat traveller pencinta pulau pulau se Indonesia, bali, lombok, dll, yang suka jalan sendiri ala backpacker atau yang traveling dengan ngambil paket wisata lombok .. ada lagu yg pas sekali untuk tulisan ini.. judulnya : INDONESIA i love you - oiya, indonesia juga terkenal lho akan oleh-olehnya kalo kita travelling.. nah sebagai salah satu ide oleh oleh mungkin bisa cari orang atau toko oleh oleh yang jual madu asli , karena madu asli itu bagus buat oleh oleh atau dikonsumsi sendiri saat travelling, biar jalan jalannya kuat dan tetap sehat (karena madu bisa jaga sehat & stamina kita)- makasih untuk tulisannya ini ya kakak.

    BalasHapus