Pages

Lukisan Senja Pantai Ampenan


Kota Tua Ampenan memiliki beberapa macam daya tarik tersendiri yang membuat minat para wisatawan berkunjung ke kota ini sangat besar. Selain bangunan di kota tua ini yang memiliki cerita sejarah zaman kolonial dulu, di samping itu juga terdapat sebuah tempat yang dijadikan untuk menikmati matahari terbenam di kala senja datang. Apalagi akhir-akhir ini Pulau Lombok menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun luar negeri, sehingga banyak sekali orang datang berlibur ke Pulau Lombok.


Sebut saja namanya Pantai Ampenan atau orang sering menyebutnya Eks Pelabuhan Ampenan. Dulu pantai ini adalah sebuah pelabuhan dagang terbesar yang ada di Pulau Lombok bahkan di Provinsi NTB. Hal ini bisa dibuktikan dengan masih ada sisa-sisa bangunan dan tiang-tiang bekas dermaga yang tetap dibiarkan begitu saja hingga sekarang. Dengan berjalannya waktu, bekas pelabuhan ini berubah fungsi menjadi pantai yang cukup indah untuk menikmati matahari terbenam. Terbukti para pengunjung banyak yang datang kesini untuk duduk-duduk di pinggir pantai menunggu senja tiba. Disini juga banyak warung yang menawarkan dagangan mereka. Tempat ini masih tergolong baru termasuk beberapa bagian dari bangunan lama yang baru selesai direnovasi.


Para nelayan yang baru pulang ngelaut, kemungkinan besar membawa hasil tangkapan yang lumayan banyak. Bisa dilihat dari laju perahunya yang cukup kencang, gak sabar sampai di daratan untuk menjual sebagian hasil tangkapanny kepada calon pembeli yang sudah menunggu di bibir pantai. Pemandangan yang cukup indah bagi saya apabila berkunjung ke pantai ini. 


Di sebelah utara pantai ini, terdapat sebuah kilang minyak yang dimiliki oleh Pertamina. Jadi para kapal tanker yang membawa berbagai macam bahan bakar minyak dari daerah lain, berlabuhnya di pantai ini. Selain menikmati pemandangan Selat Lombok, kita juga dapat melihat kapal tanker yang berlabuh di pantai ini. 


Suasana Pantai Ampenan yang sudah ramai bagai para penikmat sunset yang bisa dilihat dari atas sebuah bangunan yang baru selesai dibangun. Dari sini kita dapat melihat dari ujung selatan sampai ujung utara Pulau Lombok tanpa ada yang menghalangi. Di sebelah selatan pantai ini, kita dapat memandang deretan perbukitan nah jauh disana. Deretan perbukitan yang indah merupakan perbukitan yang termasuk dalam wilayah Lombok Barat. 



Akhirnya matahari sudah mulai terbenam, pemandangan kayak begini yang saya suka sejak kecil. Saya gak mau melewatkan peristiwa ini tanpa harus didokumentasi. Di dalam beberapa foto saya ini, membuktikan bahwa yang namanya sunset itu tetap cantik apalagi cuaca di Pantai Ampenan pada saat itu lagi cerah-cerahnya. Di dalam sebuah foto saja udah cantik, apalagi melihatnya secara langsung oleh mata. Membuat masalah seketika hilang karena merasa takjub oleh ciptaan Allah SWT ini. 



Sebagai orang asli Kota Ampenan, saya sangat bangga di kota kelahiran masih ada tempat yang nyaman untuk melihat matahari terbenam selain Pantai Senggigi atau Gili Trawangan yang sudah sangat terkenal sampai ujung dunia. Saya sejak kecil sering ke pantai ini untuk bermain bola pantai bersama teman-teman sampai matahari terbenam. Suatu kenikmatan yang wajib kita syukuri dan harus kita jaga agar gak rusak oleh ulah dari tangan manusia yang gak bertanggung jawab. Saya berharap, lukisan senja di Pantai Ampenan ini selalu terlihat indah dan selalu ada untuk kita bersama-sama menikmatinya hingga hari kiamat kelak. Amiin.

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar