Pages

Pohon Purba Alam Sambelie, Lombok Timur


Bila pernah nonton Jurasic Park, film tersebut menggambarkan kehidupan para dinasaurus pada zaman purba yang dimana tempat syutingnya di sebuah pulau terpencil dan jauh dari kota besar dimana banyak sekali pohon-pohon besar menjulang sangat tinggi dan pasti ada dinasaurusny. Tempat yang beberapa waktu yang lalu saya kunjungi mengingatkan saya dengan film tersebut. 


Kebetulan pada saat itu saya dengan keluarga baru pulang dari Desa Sambelie menjenguk salah satu kerabat disana. Pas kami akan kembali ke Kota Mataram di pinggir jalan raya Sambelie, mobil kami berhenti di suatu tempat dimana banyak pohon-pohon besar yang menjulang tinggi karena salah satu ban mobil ada yang pecah. Dari beberapa perjalanan ngetrip saya, hal ini yang selalu saya khawatirkan jika bepergian. Tetapi kali ini hal tersebut gak membuat saya jengkel karena ban mobil pecah pas di suatu tempat yang membuat saya langsung jatuh cinta.


Memakan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan dari Kota Mataram menggunakan motor atau mobil atau bisa juga bagi para travelers yang baru saja turun dari kapal di Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur, sekitar 15 menit waktu tempuh hingga sampai di daerah Pohon Purba ini. Menurut cerita nama pohon ini yaitu Pohon Lian. Entah sejak kapan pohon ini berada disini, saya belum mendapatkan informasi yang akurat. Yang pastnya ini tempat keren abis, bisa dijadikan tempat menenangkan diri.



Suasana yang sangat sejuk, cocok sekali buat para travelers untuk beristirahat sejenak atau rekreasi bersama keluarga sambil menikmati keindahan alam Desa Sambelie ini. Disini juga ada beberapa berugaq ( rumah kecil yang terbuat dari kayu atau bambu ) yang bisa dipakai untuk beristirahat.



Berkeliling sekitar hutan purba, saya menemukan satu pohon purba yang sudah gundul dan sebagian batangnya sudah terbakar, sangat disayangkan pohon sebagus ini terbakar dan gundul. Entah ulah perbuatan manusia sendiri atau memang kejadian alam yang membuat nasib pohon ini sangat malang sekali. Pesan saya buat pemerintah setempat, tempat-tempat yang kayak begini harus selalu dijaga dan dipelihara, jangan sampai ada orang-orang yang gak bertanggung jawab merusak tempat seindah ini. 


Di bagian belakang hutan purba ini, kita bisa melihat hamparan ladang jagung yang masih belum berbuah dan yang gak kalah indahnya itu kita bisa melihat pemandangan Gunung Rinjani dari kejauhan. Tapi sayang kabut menyelimuti puncak Gunung Rinjani sehingga gak tampak seutuhnya.


Ada satu tempat yang baru lagi di Pulau Lombok yang bisa dijadikan obyek wisata domestik bahkan wisata mancanegara. Pohon Purba Lian memberikan pengetahuan yang bisa kita berikan kepada orang lain untuk menambah wawasan buat kita sendiri maupun orang lain. Para travelers yang memiliki hobi meneliti berbagai macam jenis tanaman, gak ada salahnya berkunjung ke tempat satu ini. Selamat datang di Pohon Purba alam Sambelie, Pulau Lombok !. 


Jalur menuju lokasi Pohon Purba, Sambelie, Lombok Timur

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

2 komentar:

  1. maaf, lokasinya bukan di sambelia. masih di sekitaran lb. lombok, kec pringgabaya

    BalasHapus