Pages

Explore WCA Gunung Tunak : Pantai Bilasayak



Banyak yang bilang pantai - pantai di Pulau Lombok gak ada habisnya. Di setiap sudut pulaunya memiliki pantai yang keren-keren. Seperti Taman Wisata Cagar Alam Gunung Tunak. Banyak yang berfikir dari namanya saja, pasti tempat ini seperti Gunung Rinjani ato gunung-gunung yang lain di Pulau Lombok. Itu pantai bertebing mas / mbak broo...


Saat itu kami berdelapan bacpacker's memulai perjalanan dari Kota Mataram. Waktu tempuh memakan waktu 2 jam perjalanan, itupun waktu banyak yang terbuang dikarenakan kami kelamaan beristirahat di pom bensin di depan Bandara Internasional Lombok. Dengan penuh kesabaran membawa si roda dua, akhirnya kami sampai di pintu gerbang masuk ke Cagar Alam Gunung Tunak yang terletak di Teluk Bumbang. 


Dari pintu gerbang ke lokasi yang dituju berjarak 3 km, itu kata petugas yang berjaga di pintu gerbang, gak lupa juga kami membayar uang masuk sebesar 5 ribu per orangnya, cukup murah juga. Kondisi jalurnya juga gak buruk sekali, dengan memakan waktu 10 menit dari pintu gerbang, akhirnya kami sampai di pantai yang sangat alami dan berasa pantai milik sendiri karena hanya kami saja yang ada di lokasi ini, gak ada warga ato pengunjung yang datang kemari. Pantai ini diberi nama Pantai Bilasayak oleh masyarakat sekitar. Wah keren juga ini pantai. KEREN.....


Wisata Cagar Alam Gunung Tunak ini terletak di Lombok Tengah, agak sedikit jauh dari Kota Mataram. Bagi siapa saja yang kemari, harus siap-siap terkena panas matahari yang menyengat. Jadi dianjurkan membawa payung atau pelindung diri dari sinar matahari jika gak ingin kulitnya menghitam. Jangan ikutin seperti kelakuan kami yang rela panas-panasan di pantai seperti foto di atas. hehehehe...


Setelah puas bermain air dan berfoto-foto di pantainya, selanjutnya kami menuju bukit yang berada di sebelah timur pantainya. Nah,bukit ini yang dinamakan Gunung Tunak. Gunung Tunak ini memiliki ketinggian 105 mdpl, gak tinggi-tinggi amat. Dikarenakan gak terlalu tinggi akhirnya kami memberanikan diri buat mendaki bukit ini dengan sepeda motor. Wah, ternyata kami salah perhitungan. Memang sih ada jalur buat motor, tapi kami bawa motor yang gak sesuai dengan jalurnya. Alhasil, motor kami gak bisa naik semua. Jadinya kami melanjutkan pendakian dengan berjalan kaki saja. Hahahahaha...Gokiiil.


Walaupun susah payah mencapai puncak bukit yang cukup terjal dan berbatu, akhirnya kami sampai juga. Dari sini kita bisa melihat begitu indahnya alam yang Tuhan berikan kepada kami dan harus kami pelihara, bukannya harus merusak. Tapi sayang, saat kami kesini, keadaan perbukitan dan tumbuh-tumbuhan masih kering kerontang karena baru saja masuk musim penghujan, jadinya masih belum hijau.


Foto di atas adalah pemandangan dari atas bukit Gunung Tunak, gili yang berbentuk batu di tengah laut itu diberi nama Gili Bilasayak oleh masyarakat di sekitar Cagar Budaya Gunung Tunak. Air laut yang berwarna biru, pasir putih kekuningan dan tebing-tebing yang keren habis pastinya. 


Tempat ini masih alami dan sepi sekali. Cocok sekali buat bloger's dan backpacker's yang ingin menyendiri dan menenangkan diri dari kesibukan pekerjaan, bisa datang kesini. Saya gak nyesel datang ke tempat ini walaupun rela berpanas-panas dan capek pastinya, jika udah melihat bagian keindahan lain di Pulau Lombok seperti tempat ini, jadi rasa capek itu hilang dengan sendirinya. Kalo begitu, udah dulu ya cerita tentang perjalanan ke Cagar Alam Gunung Tunak, saya udah laper soalnya, mau makan dulu di pinggir pantai. Bye.... :)

Notes :
Buat para bloger's yang ingin ke tempat ini saya punya beberapa info :

-Wisata Alam Gunung Tunak terletak di sebelah timur Teluk Bumbang, Kabupaten Lombok Tengah.
- Jalur yang digunakan : Kota Mataram - Bandara Internasional Lombok - Desa Sade - ambil yang ke arah Pantai Grupuk - Pantai Bumbang - Cagar Alam Gunung Tunak.


Penulis : Lazwardy Perdana Putra

6 komentar:

  1. Keren blognya broo...
    Bikin pengen nyusul ke Bukit Tunak :)

    BalasHapus
  2. Makasi broo... Saya jg pngen balik ngetrip k Gunung Tunak... Cari waktu yg pas :)

    BalasHapus
  3. Ndk mele jok Gunung Kepeng Meleq

    BalasHapus
  4. wah josh dah adventurenya mas bro mantap....

    BalasHapus
  5. Pagi mas... Maaf gak bisa bls satu2.. hehehe.. MAkasi udh mampir d my blog... :) Smoga qta bisa ngetrip bareng :)

    BalasHapus