Pages

Explore 5 Jam ke Air Terjun Mangku Sakti, Lombok


Memiliki hobi traveling itu sangat menyenangkan, apalagi traveling ke salah satu tempat yang masih belum diketahui oleh orang banyak itu lebih menyenangkan lagi. Sebut saja "Air Terjun Mangku Sakti" yang terletak di Pulau Lombok. Dibaca dari namanya, air terjun ini masih asing bagi traveler yang ada di luar Lombok.



Air Terjun Mangku Sakti terletak di Desa Sajang, Lombok Timur dan tempat ini memiliki cerita mistis, dimana dahulu kala ada seseorang pertapa yang memiliki ilmu sakti yang berdiam diri di air terjun ini untuk menenangkan diri sampai beliau meninggal dunia. Makanya nama air terjunnya " Air Terjun Mangku Sakti ".




Waktu tempuh menuju air terjun ini diperlukan waktu 5 jam perjalanan dari Kota Mataram menggunakan sepeda motor dan sisanya treking menggunakan jalan kaki. Jalurnya pun tidak susah sehingga tidak akan tersesat karena petunjuk jalan menuju air terjun ini sudah baik. 




Hanya saja sekitar 3 - 4 km lagi sampai di air terjun ini kondisi jalannya masih kurang baik bagi teman-teman yang belum terbiasa dengan kondisi tersebut. Tapi tenang saja, kondisi keamanan disana cukup baik dan banyak penjaga wisata dari warga sekitar yang dengan sukarela bersedia membantu para traveler yang ingin mengunjungi air terjun ini.


Ada keindahan tersendiri dari jalur yang ditempuh menuju air terjun ini yaitu kita akan melewati padang sabana yang cukup luas. Disana kita akan bertemu dengan petunjuk arah yang menandakan jika kita memilih jalur ke kiri, itu artinya kita akan menuju puncak Gunung Rinjani, sedangkan jika memilih jalur ke kanan, itu artinya kita akan menuju Air Terjun Mangku Sakti.



Sekitar kurang lebih 300 - 400 meter lagi sampai di lokasi air terjun, kita akan bertemu dengan area parkir khusus untuk kendaraan motor traveler.Jadinya hanya sampai disini batas kita boleh mengendarai sepeda motor, selanjutnya kita akan treking dan melewati hutan belantara hingga sampai di Air Terjun Mangku Sakti




Air terjun yang sangat indah dan sejuk, tapi sayang pas kami kemari, airnya keruh kecoklatan karena saat itu lagi musim hujan. Walaupun demikian, ada rasa kepuasan tersendiri karena penasaran itu sudah terobati setelah sampai di tempat yang berada di kaki Gunung Rinjani ini.



Gak usah jauh-jauh traveling ke luar Pulau Lombok karena di Lombok masih banyak tempat yang sangat indah yang belum kita taklukkan. Jangan mau kalah dengan traveler dari luar, mereka sudah pernah kesini dan terlebih dahulu memperkenalkan tempat ini sebelum kita datang kesini.

Notes:
- Jalur yang dapat ditempuh : 1.Kota Mataram - Taman Narmada - Masbagik - AikMel - Swela - Sembalun Bumbung - Sembalun Lawang - Desa Sajang - Air Terjun Mangku Sakti.
2. Kota Mataram - Senggigi Beach - Bangsal - Tanjung - Bayan - Senaru - Desa Sajang - Air Terjun Mangku Sakti.
- Tarif masuk ke kawasan air terjun 5 ribu per orang plus uang parkir 5 ribu per motor.
- Siapkan segala macam kebutuhan seperti : air minum, makanan, obat-obatan dan perlengkapan lainnya.


Penulis : Lazwardy Perdana Putra

15 komentar:

  1. Bismillah
    Bagi temen luar pulau yang butuh akomodasi ke sana bisa kontak saya,atau tempat wisata lain nya di lombok

    BalasHapus
    Balasan
    1. permisi mas saya mau tanya kalau saya punya waktu 3 (diluar dari gili trawangan) hari untuk mengelilingi lombok. tempat mana saja yang harus saya datangi dan dimulai dari tempat mana dulu? terimakasih :)

      Hapus
    2. permisi mas saya mau tanya kalau saya punya waktu 3 (diluar dari gili trawangan) hari untuk mengelilingi lombok. tempat mana saja yang harus saya datangi dan dimulai dari tempat mana dulu? terimakasih :)

      Hapus
  2. Bismillah
    Bagi temen luar pulau yang butuh akomodasi ke sana bisa kontak saya,atau tempat wisata lain nya di lombok

    BalasHapus
  3. lebih deket mana ini? jalur dr lotim atau dari KLU gan?

    BalasHapus
  4. lebih efektif lewat lotim saja via sembalun :)

    BalasHapus
  5. permisi saya mau tanya kalau saya punya waktu 3 (diluar dari gili trawangan) hari untuk mengelilingi lombok. tempat mana saja yang harus saya datangi dan dimulai dari tempat mana dulu? terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, mbaknya dari mana ?? tergantung dtgnya jam brp.. klo boleh saran : paginya bisa ke Desa Senaru lihat Air Terjun Tiu Kelep, sorenya ke Pantai Malimbu 2 lihat sunrise, bsok paginya bisa ke Pantai Kuta, Tanjung Aan, Pantai Semeti dan Selong Belanak. destinasi yang saya sebutkan bisa dilihat di postingan di blog saya. :)

      Hapus
  6. intinya adalah waktu saya tiga hari penuh di lombok. cukup ga yah mendatangi satu satu wisata lombok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa asalkan bisa menggunakan waktu seefisien mungkin... :)

      Hapus
  7. wah mantap mas semoga bisa lancar terexplore nih josh dah

    BalasHapus
  8. Mohon pencerahannya ... Penasaran saya dengan Mangunsakti ini , tiap pergi Ke Lombok gak pernah kesampaian sampe sini, saya cari di google map gak pernah ketemu . makanya ragu ragu klo mo jalan . takut nyasar hehehe

    Kalo saya dari pelabuhan Bangsal ke Mangunsakti saya harus lewat mana ya, kalo bisa yg ada petujuh jalannya yg jelas atau ada di Google map , rencana start dari Bangsa enaknya jam berapa , soalnya saya baru dari Gili dan rencana langsung explore ke Mangunsakti naik motor dari Bangsalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo dari bangsal, mas langsung aj ke arah Kota Tanjung - Gangga - Bayan, nanti di Bayan ambil jalur yg menuju ke Desa Sembalun.. sebelum sampe d Sembalun, ntar ktemu sama Desa Sajang.. Tanya aj sama org sana, pintu gerbang k Air Terjun Mangku Sakti dimana ??? pintu gerbangnya tepat di pinggir jalan raya besar menuju Desa Sembalun... bagusnya pagi skitar jam 9 pagi dri Bangsal.. biar sampai disananya bisa siang... :) Terimakasi

      Hapus
  9. masyaalloh aku baru tau ni, kalo ke rinjani muncak udah 3 kali tapi ke air terjun ini blum

    BalasHapus