Pages

Berburu Kuliner di Pulau Lombok

Haiii blogers...
Kali ini saya akan memperkenalkan berbagai macam kuliner yang ada di Pulau Lombok. Gak lengkap rasanya bila kita melakukan adventure atau survivor di Pulau Lombok tanpa menikmati santapan masakan khas sini. Ini ada beberapa macam masakan yang wajib para blogers cicipin bila berlibur ke Pulau Lombok.

1. Pelecing Kangkung

sumber picture : tourismnews.co.id

Masakan ini menjadi menu wajib bagi para blogers bila berlibur ke Pulau Lombok. Terbuat dari sayur kangkung berkualitas, kenapa saya mengatakan berkualitas ?, karena kangkung yang digunakan adalah kangkung khas Pulau Lombok. Kangkung disini berbeda dengan kangkung yang ada di Pulau Jawa dan pulau-pulau lainnya. Batangnya yang besar dan berwarna hijau muda dan tua. Tumbuhnya juga di aliran sungai, menjadikan rasanya pun sangat nikmat bila dibandingkan dengan kangkung yang ada di Pulau Jawa. Resep masakan ini yaitu kangkung direbus, kemudian sebagai bumbunya yaitu tomat, cabe rawit, terasi dan garam. Semua campuran bumbu diulek sampai menjadi sambal. Setelah itu sambal di taburkan diatas kangkung yang sudah terlebih dahulu direbus. Sebagai pelengkap, biasanya diberikan kacang tanah yang sudah digoreng dan touge. Nyiamiii... mantaap rasanya.

2. Ayam Taliwang

sumber picture : i-kuliner.blogspot.com

Nah, kalo yang ini masakan favorit saya blogers. Namanya Ayam Taliwang, masakan ini lagi populer di Pulau Lombok. Rasanya sangat pedas, tapi jangan khawatir blogers. Bagi yang gak suka pedas, bisa kok bumbunya dibuat gak pedas lhoo, caranya pesan sama pelayannya biar gak diberi cabe terlalu banyak. Masakan ini bisa disajikan dengan cara digoreng, dipanggang atau direbus sesuai selera blogers. Rasa yang enak dan membuat nafsu makan bertambah bila sekali mencicipinya. Bila ke Pulau Lombok jangan lupa mampir di warung-warung makan yang menyajikan masakan ini.

3. Sate Bulayak

sumber picture : fithra-online.blogspot.com

Kalo yang ini namanya Sate Bulayak yang sangat lezat. Biasanya ada di tempat-tempat wisata seperti di kawasan Pantai Senggigi dan Taman Hutan Suranadi. Sate ini terbuat dari daging sapi dengan bumbu khas Sasak, dan disajikan dengan lontong yang dibungkus dengan daun aren. Gak salah bila dicoba soalnya ini masakan hanya adanya di tempat tertentu saja blogers. Nyesel rasanya bila ke Lombok, gak sempat mencicipin Sate Bulayak ini.

4. Nasi Balap Puyung

sumber picture : lombok.panduanwisata.id

Di Pulau Lombok juga memiliki masakan sejenis nasi campur yang memiliki ciri khas, Nasi Balap Puyung namanya. Dari namanya saja, kita dibuat penasaran bentuk dan rasa dari masakan khas Lombok ini. Nasi Balap Puyung merupakan nasi campur yang terdiri dari nasi putih, ayam pelecingan, ayam goreng dan kacang kedelai goreng. Semuanya, wajib teman-teman coba karena masakan khas Pulau Lombok ini sangat lezat dan mengenyangkan perut. Menurut cerita dari mulut ke mulut, Nasi Balap Puyung yang terkenal di Lombok itu Nasi Balap Inaq Esun yang terletak di Desa Puyung, Lombok Tengah.

5. Sayur Ares

sumber picture : tikompedia.blogspot.com

Nah, ini dia masakan khas Lombok yang bukan sembarang sayur. Namanya Sayur Ares yang sangat lezat sekali. Terbuat dari pelepah pohon pisang yang masih muda dan banyak ditemui pada saat acara hajatan atau pesta pernikahan di daerah Lombok. Masakan yang diolah dengan santan ini, cukup gurih, lezat dan nikmat sekali. Cara membuat sayur ini yaitu dengan mengupas pelepah pisang dan mengambil pelepah yang paling dalam atau yang paling muda, kemudian pelepah muda yang sudah dipilih,kemudian dipotong-potong kecil dan setelah itu diremas-remas dalam air garam sebelum diolah menjadi sayur. Cukup mudah untuk membuat masakan bersantan ini.

6. Poteng Jaje Tujak

sumber picture : www.lombokmagazine.com

Jenis kuliner yang ada di Pulau Lombok ini sebenarnya adalah makanan yang ada di Pulau Jawaa, tapi namanya saja yang berbeda. Kalo di Jawa namanya Tape, sedangkan di Lombok namanya Poteng. Nah, keunikan makanan ini yaitu disuguhi dengan Jaje Tujak ( terbuat dari Ketan Putih ). Lezat sekali jika memakan makanan khas Pulau Lombok ini dan biasanya makanan ini adanya pada saat hari raya Idul Fitri atau seminggu setelah hari raya Idul Fitri atau pada saat Lebaran Topat ( Lebaran Ketupat ).

7. Sate Tanjung

sumber picture : www.visitlomboksumbawa.com

Selain Sate Bulayak, di Lombok juga ada namanya Sate Tanjung. Sate ini awalnya berasal dari Desa Tanjung di Kabupaten Lombok Utara. Sate ini terbuat dari ikan dan memiliki bumbu yang sangat khas dan lezat di lidah. Uniknya lagi, masakan ini hanya bisa ditemui pada saat sore hari mulai jam 4 sore sampai malam. Jadi, disayangkan bila teman-teman gak sempat mencicipi sate khas Lombok ini. Harganya pun terjangkau dan bisa jadi oleh-oleh buat orang di rumah.

8. Sate Rembiga

sumber picture : www.wisatapulaulombok.org

Nah ini dia, masakan yang paling saya sukai para blogers. Namanya Sate Rembiga yang memiliki cita rasa yang sangat lezat dilidah. Sate Rembiga merupakan salah satu jens sate yang ada di Pulau Lombok. Rasanya yang pedas manis dan diberi bumbu rempah-rempah yang membuat kita ketagihan untuk makan lagi. Terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan direndam selama 3 jam dalam olahan bumbu rempah-rempah yang terdiri dari bawang putih, cabe rawit, serta gula yang membuat rasanya benar-benar meresap ke dalam dagingnya. Cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 15.000,- kita bisa menikmati satu porsi sate ini. Masakan ini berasal dari Desa Rembiga, Kota Mataram, tetapi saat ini sate ini banyak dijumpai di seluruh Pulau Lombok. Jadi, teman-teman harus mencoba kelezatan sate ini.

9. Es Buah Rumput Laut

sumber picture : deatquen.blogspot.com

Selain ngebahas soal masakannya, di Pulau Lombok juga ada minuman menyegarkan disaat panas-panas gini. Namanya Es Buah Rumput Laut yang biasanya banyak kita dijumpai di sekitar Kota Mataram. Dari namanya saja, tentu saja bahan utama dari minuman ini yaitu rumput laut. Selain rumput laut, minuman ini diberi berbagai macam buah-buahan seperti es buah pada umumnya. Jadi, harus dicoba mencicipi es buah ini.

10. Manisan Rumput Laut

sumber picture : kalikautsar.blogspot.com

Nah ini dia makanan yang sangat terkenal di Lombok yaitu Manisan Rumput Laut. Manisan ini terbuat dari rumput laut berkualitas asli dibudidaya oleh para petani di Pulau Lombok. Rasanya pun bermacam-macam, ada rasa nanas,melon,jeruk dan masih banyak lagi yang lain. Selain dimakan sendiri, makanan ini pun bisa dijadikan oleh-oleh buat keluarga dan teman-teman. Sangat disayangkan jika berlibur ke Pulau Lombok, gak sempat membeli manisan rumput laut khas Pulau Lombok.

Nah,itu dia berbagai macam kuliner yang dapat ditemui di Pulau Lombok. Semoga bisa bermanfaat buat para blogers semua. Selamat berlibur dan berburu kuliner di Pulau Lombok. 

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

1 komentar: