Pages

Ngadem di Permandian Joben, Lombok Timur


Hallooo mas / mbak broo....

Akhir-akhir ini cuaca di Indonesia sangat panas dan gersang. Khusus buat Pulau Lombok yang kurang dapat jatah air hujan sekarang ini, sangat mengganggu sekali buat saya pribadi dalam melakukan touring bersama teman-teman.

Enaknya musim panas gene nyari tempat yang adem buat menikmati libur akhir pekan. Bosen ke pantai terus, apalagi saat ini pantai bukan prioritas buat menghabiskan waktu libur karena cuaca yang panas dan bisa buat kulit tambah hitam lagi.



Akhirnya beberapa saat yang lalu saya beserta teman-teman yang gila jalan juga, memilih permandian Joben yang ada di wilayah Lombok Timur. Terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, menjadikan tempat ini banyak sekali dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun wisatawan dari luar Pulau Lombok untuk sekedar menikmati udara yang sejuk serta airnya yang sangat dingin.

Joben merupakan tempat permandian yang dulunya dinamakan oleh masyarakat lokal dengan sebutan Air Terjun Otak Kokoq. Otak Kokoq merupakan sebuah desa kecil yang ada di Kecamatan Montongbatok,Lombok Timur, yang dalam bahasa Sasak ( Lombok ) berarti otaknya dari sungai-sungai yang ada di Pulau Lombok dikarenakan sumber airnya langsung dari Gunung Rinjani. Di tempat ini juga ada air terjun walaupun tingginya sangat pendek dibandingkan dengan beberapa air terjun yang ada di Lombok.


Jalur yang bisa ditempuh sangat mudah mas / mbak broo... Tinggal liat peta Pulau Lombok, cari tempat yang namanya Desa Terara atau Desa Paokmotong,kemudian menuju arah Montongbatok. Jika dari Kota Mataram waktu tempuh ke Joben sekitar satu jam setengah.


Masyarakat sekitarnya juga ramah-ramah sehingga memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Alamnya yang sangat indah, deretan persawahan yang hijau dengan pemukiman penduduk asli yang memberikan suasana yang menenangkan dan jauh dari keramaian kota.

Saya suka tempat ini, walaupun kurang terkenal dibandingkan tempat-tempat yang ada di Lombok dan dari segi kebersihan harus ditingkatkan lagi demi kenyamanan para pengunjung, menurut saya ini bisa dijadikan agenda buat liburan teman-teman. Next, saya akan kembali ke tempat ini.

Notes :
- Jalur yang ditempuh : 
Kota Mataram - Taman Narmada-Kopang - Terara - Montongbatok - Otak Kokoq
Bandara BIL - Penujak - Peraya - Kopang - Terara - Montongbatoq - Otak Kokoq
 Pantai Senggigi - Kota Mataram - Taman Narmada - Kopang - Terara - Montongbatok - Otak Kokoq
                             
- Tiket Masuk : Rp 6.000,- 

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar