Pages

Sunday Morning di Gembira Loka Zoo


Salah satu tempat yang menjadi favorit saya di Yogyakarta yaitu kebun binatangnya. Dari sekian banyak kebun binatang yang ada di Indonesia, Gembira Loka Zoo adalah salah satu kebun binatang yang paling ramai dikunjungi pada hari libur maupun musim libur sekolah. Area parkir di dalam kebun binatang pun, selalu dipadati oleh kendaraan pribadi maupun bus-bus pariwisata yang membawa rombongan siswa siswi sekolah dan para wisatawan baik lokal maupun asing. 

Kebun binatang ini terletak di dalam Kota Yogya, dan akses menuju kesana juga tidak susah bagi kita yang melakukan backpackeran karena letaknya di jalan negara yang menghubungkan Bandara Adi Sucipto dan Istana Presiden Yogya yang terletak di 0 km. Apalagi sekarang ini sudah ada transportasi kebanggaan warga Yogya yaitu TransYogya.

Perkenalkan neng Dwi, sahabat saya yang paling manis

Saya dan mas Amin yang paling kece

Perjalanan saya ke Gembira Loka Zoo bersama kedua sahabat yang paling asyik bila diajak traveling yaitu mas Amin dan neng Dwi, diawali dengan rencana dadakan alias iseng-iseng karena pada hari itu tugas yang berkaitan dengan kuliah maupun kegiatan yang lain lagi gak ada. Jadi kami bertiga memilih kebun binatang tempat buat kami menghabiskan waktu satu hari full.

Eksis dulu di bawah pohon Beringin 

Kebetulan jarak dari  tempat kami tinggal ke kebun binatang ini, tidak terlalu jauh. Dengan berjalan kaki pun bisa-bisa saja asalkan kuat jalan dan tergantung cuaca. Tapi kami memilih untuk memakai kendaraan pribadi biar menghemat waktu dan cepat sampai di tempat tujuan. Kendaraan yang kami gunakan, kami parkir di dalam area parkir Gembira Loka Zoo, tempat parkirnya sangat bagus dan tukang parkirnya terampil dalam mengatur kendaraan yang sedang parkir. Jadi bagi kalian yang ingin berkunjung, jangan khawatir karena tempat parkirnya sangat nyaman dan aman. 

Akhirnya kami sampai juga di pintu masuk menuju dalam kebun binatang. Sebelum itu mas Amin mengantri untuk membeli tiket masuk buat kami bertiga, " Baik banget mas Amin he..he..he ". Setelah tiket sudah di tangan, kami menyerahkan tiket ke petugas yang berjaga di pintu masuk kebun binatang. 

Ini pertama kali saya memasukin tempat seperti ini, awalnya sih males banget ke kebun binatang. Pas udah melihat dan merasakan, sangat indah dan sejuk sekali. Beda jauh dengan panasnya Kota Yogya di siang hari yang bisa menghitamkan kulit. Padahal kebun binatang ini letaknya di dalam Kota Yogya, tapi sejuk sekali di dalamnya, "Sungguh luar biasa" berkata di dalam hati. 

Banyak tempat yang kami kunjungi ; dari beberapa jenis flora, buaya, harimau, kuda nil dan masih banyak lagi yang lain. Mas Amin dan neng Dwi juga gak kalah hebohnya, mereka juga pertama kali kesini dan keliatannya juga sangat menikmati hari libur pas itu. Tingkah laku kayak anak kecil, foto sana foto sini, sampai setiap sudut di kebun binatang ini tidak kami biarkan untuk tidak difoto kecuali fotoan sama buaya,harimau dan ular tidak kami lakukan, " Takuuttt ". 

Ini namanya buaya beneran, bukan buaya darat

Kuda Nilnya lagi berpuasa, jaga pandangan broo...

Adek-adek yang lagi asyik menunggangi Si Unta

Tempat yang paling saya suka yaitu kolam raksasanya alias danau buatan yang letaknya di tengah-tengah kebun binatang. Ada perahu penumpang, menyewa boat untuk berkeliling di danau dan perahu yang berbentuk bebek yang dapat kita sewa jika ingin berkeliling di sekitar danau. Tapi sayang kami tidak sempat untuk mencoba wahana tersebut karena pada saat itu ramai sekali. Jadi kami putuskan untuk berjalan mengelilingi kebun binatang. 

Gak terasa, jam tangan sudah menunjukkan pukul 12.00 waktu sana. Ketiga sahabat ini langsung mencari tempat untuk shalat dzuhur. Setelah kami selesai shalat, kami segera mencari makan untuk mengisi perut. Akhirnya, kami memilih warung burjo yang ada di dalam area kebun binatang untuk kami makan siang. Harganya pun tidak terlalu berbeda dengan warung-warung burjo yang berada di luar kebun binatang dan rasanya pun tidak kalah enaknya dengan yang ada di luar kebun binatang. 

Mas Amin katanya pengen punya burung kayak gene

Setelah selesai makan siang, kami melanjutkan berkeliling lagi di area sebelah barat kebun binatang. Tepatnya kami memasuki area berbagai macam burung-burung yang menjadi koleksi di kebun binatang ini. Burung-burungnya indah-indah dan lucu-lucu, tapi sayang saya kurang hafal dan kurang mengenal jenis-jenis burung yang ada di Indonesia. Setelah  melihat puluhan jenis burung yang menjadi penghuni kebun binatang ini, saya jadi sadar bahwa sungguh banyaknya jenis burung yang ada di dunia ini khususnya di Indonesia. Saya juga yakin, masih banyak jenis burung lain yang jumlahnya ratusan di luar sana. 

Saya dan kedua sahabat terbaik menemukan banyak hal menarik yang bisa ditemukan di Gembiar Loka Zoo. Sangat menarik dijadikan agenda liburan kalian di Yogyakarta. Selain ke tempat-tempat sejarah, pantainya dan kulinernya, tidak salah jika mengunjungi kebun binatangnya. Kalo kayak begini ceritanya, saya jadi pengen ke kebun binatang yang lainnya. Tunggu cerita dari saya tentang kebun binatang lainnya dan tempat-tempat wisata yang lainnya.

Terimakasi udah membaca cerita saya bersama sahabat tercinta.

Notes :
1. Tiket masuk ke Gembira Loka Zoo, jika hari biasa ( Senin - Jumat ) Rp. 20.000 dan hari libur ato wekeend ( Sabtu - Minggu ) Rp.25.000. Lebih jelasnya bisa dilihat di webnya di www.gembiralokazoo.com.
2. Biasanya jika hari libur ato hari khusus, diadakan acara buat para pengunjung dan jadwalnya bisa dilihat langsung di webnya.
3. Transportasi menuju Gembira Loka Zoo bisa memakai jasa angkutan TransJogya, tiketnya Rp.3.000, jalur TransJogya melewati Gembira Loka Zoo.


Penulis : Lazwardy Perdana Putra
Fotografer : Dwi Meiria ( twitter : @meiriaandriz )

3 komentar:

  1. buaya daratnya mas Didii hahahahhahah... :p

    BalasHapus
  2. hahahaha... jngan bilang gtu wii... ksempatan cari jodoh aq ney :)

    BalasHapus