Pages

Perjalanan ke Lombok ala Backpackeran

Halloo para sahabat saya dimana saja berada. Apa kabar ?. Saya mau berbagi pengalaman saya kepada teman-teman gimana caranya ke Lombok dengan biaya murah dan tidak perlu banyak ngeluarin duit biar sampai di Lombok. Yang paling beruntung sih kalau punya kenalan orang Lombok jadi bisa nebeng untuk bermalam apalagi kalau punya temen atau gebetan orang Lombok,bisa-bisa dapet gratisan selama ada di Lombok.he..he..he..Peace. Okeh, kembali ke topik awal gimana sih caranya biar ke Lombok itu gak terlalu banyak ngeluarin duit ?. Saya punya strateginya broo, kalian penasaran? sama saya jugak ( Ala Acara Susu di MNCTV ). Ngomong-ngomong mungkin teman-teman sudah membaca beberapa blog yang membahas tentang perjalanan murah ke Lombok, tetapi saya punya cerita yang agak sedikit berbeda dengan pembahasan yang di blog teman-teman yang lain.

Begini ceritanya, kebetulan saya asli orang Lombok yang lagi kuliah di Yogyakarta. Kalau pas liburan semesteran datang, saya beserta teman-teman yang asli Lombok juga sering pulang dengan mengeluarkan duit murah meriah. Pertama-tama kita naik kereta kelas ekonomi AC yang jurusan Lempuyangan-Banyuangi via Surabaya Gubeng ( Sritanjung ), harga tiketnya sih tahun yang lalu ( 2013 ) Rp.50.000,- naiknya di Stasiun Lempuyangan. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 14 jam. Berangkat pukul 07.45 dan tiba di Stasiun Banyuangi Baru / Ketapang skitar pukul 21.00 malam atau lebih tergantung di perjalanan. Jangan khawatir, sekarang kereta kelas ekonomi AC sangat nyaman sekali dan dipastikan dapat tempat duduk, beda dengan kelas ekonomi zaman dulu yang panas dan penuh sesak jika penumpang ramai. Bebas dengan preman juga tetapi teman-teman harus hati-hati juga sama yang namanya pencopet. Begitu tiba di Stasiun Banyuangi Baru ( stasiun terakhir ), kita turun dan jalan kaki ke Pelabuhan Ketapang karena jarak antara staisun dan pelabuhan tidak begitu jauh kira-kira 200 meter sudah sampai. Teman-teman di Pelabuhan Ketapang jangan mau dirayu sama banyak calo bus-bus yang jurusan Denpasar dan Mataram karena biasanya mereka pasang harga sangat mahal sekali. Langsung saja teman-teman jalan kaki masuk ke dalam tempat penjualan tiket kapal ferry. Harga tiketnya tahun lalu ( 2013 ) Rp.6.500,- jadi tidak begitu mahal karena jarak penyebrangannya sangat dekat antara Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Gilimanuk di Bali sana. Jarak tempuh penyebrangan kurang lebih satu jam karena ada perbedaan waktu satu jam antara Bali dan Jawa jadi teman-teman tidak usah bingung liat jam tangannya, jika kapal kita berangkat pukul 21.00 malam, maka sampai di Bali pukul 23.00 malam karena waktu di Bali lebih cepat satu jam daripada di Jawa.

Okeh, jika teman-teman sudah sampai di Pelabuhan Gilimanuk misalkan pukul 23.00 sampai pelabuhan, maka saya sarankan beristirahat dulu di mushola pelabuhan atau cari travel yang tujuan Denpasar dan Padangbai, bisa ditawar kok kalo mau tapi agak sedikit mahal daripada naik bus angkutan umum di Bali. Jika teman-teman memilih untuk beristirahat dulu di mushola, nanti pukul 00.30 teman-teman bisa melanjutkan perjalanan menuju terminal Pelabuhan Gilimanuk yang letaknya di sebelah barat pelabuhan, kalo bingung, bisa ditanya di petugas pelabuhan. Ohya, jangan lupa mempersiapkan KTP yang masih berlaku atau gak KTM jika KTPnya mati, gak apa-apa kok bilang saja mau ke Lombok dan mahasiswa dari Yogya sama petugasnya karena mahasiswa asal Lombok sering melakukan perjalanan estafet kayak begini jadi petugasnya sudah paham. Okeh,.. setelah melewati pos pemeriksaan pelabuhan, teman-teman menuju terminal pelabuhan dan mencari bus angkutan umum yang menuju Denpasar dan Padangbai. Busnya mulai beroperasi pukul 01.00. Harga tiketnya sekitar Rp.50.000 kalo tahun lalu, kalo sekarang mungkin naik sedikit. Kalo mereka pasang harga sekitar Rp.70.000,- jangan mau, tawar sampai Rp.50.000,- atau maksimal Rp.60.000,- itu sudah sampai Pelabuhan Padangbai.

Perjalanan dari Pelabuhan Gilimanuk sampai di Pelabuhan Padangbai memakan waktu 4 jam kalo kondisi jalan normal. Biasanya nanti bus nya ngetem dulu di terminal Ubung, Denpasar untuk bongkar muat penumpang tapi tidak lama, cuma sebentar saja jika penumpang sudah full. Biasanya sih jam-jam segitu penumpang banyak yang ke Pelabuhan Padangbai karena isinya penumpang yang mau nyebrang ke Lombok. Selanjutnya, setelah sampai di Pelabuhan Padangbai, teman-teman yang ingin beristirahat dulu bisa mengunjungi warung-warung di sekitar pelabuhan atau yang ingin langsung naik ke kapal ferry juga alangkah lebih baik, jadi bisa beristirahat di dalam kapal. Teman-teman bisa langsung membeli tiket penyebrangan ferry di loket tiket penumpang yang ada di dalam bangunan utama. Teman-teman jangan khawatir penyebrangan kapal ferry ke Lombok itu 24 jam, jadi jangan takut gak dapat kapal ferry. Kapal-kapalnya keren-keren dan nyaman. Setelah tiket sudah didapat, teman-teman bisa langsung masuk ke kapal yang sudah diarahkan oleh petugas pelabuhan. Perjalanan menyebrangi Selat Lombok ( antara Pulau Bali dan Pulau Lombok ) sekitar 4 sampai 5 jam tergantung cuaca. jika cuaca bagus dan air tenang, bisa 4 jam bahkan kurang. jika lagi musim ombak dan cuaca kurang bagus bisa 5 sampai 7 jam perjalanan.

Di dalam kapal ferry biasanya ditawarkan kamar untuk beristirahat oleh ABK kapal sekitar Rp.50.000,- sampai Rp.75.000,- per kamar,jika teman-teman berminat bisa langsung diantar ke kamar yang sudah disediakan, kamarnya dijamin nyaman dan aman. Paling asyik jika menyebrang pas waktu sunrise, indah banget pemandangannya dijamin tidak bosen di atas kapal. Sekitar 2 jam perjalanan yang ditempuh dari Pelabuhan Padangbai, Bali, teman-teman sudah bisa melihat ekor dari Pulau Lombok karena kalo dilihat dari peta, Pulau Lombok itu seperti hewan ubur-ubur yang memiliki ekor di bagian barat pulau. Disana banyak sekali obyek wisata yang bisa dikunjungi antara lain Gili Gede, Pantai Bangko-Bangko, Gili Nanggu dan Pantai Sekotong. Indah banget pokoknya dan sayang sekali tidak diabadikan melalui beberapa jepretan dari atas kapal. he..he..he... Akhirnya setelah 4 jam perjalanan, sampai juga kita di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat. Sebelum kapal merapat ke dermaga, banyak sekali ojek-ojek yang naik ke kapal melalui perahu untuk menawari jasa buat para penumpang untuk diantar ke tempet tujuan, agak mahal sih. Saran saya, teman-teman bisa cari angkutan umum di luar pelabuhan atau naik ojek buat diantar ke tempat taksi. tarif taksi dari pelabuhan sampai pusat kota tidak terlalu mahal, kurang dari Rp.100.000,-

Sekian sedikit cerita dari saya yang Insyaallah bisa bermanfaat bagi teman-teman yang belum nyoba seperti pengalaman yang saya lakukan bersama para sahabat tercinta. Ohya, bagi teman-teman yang dari luar Yogya yang mau melakukan perjalanan seperti saya sebenarnya sama saja cuma bedanya tarif tiket keretanya, Jika teman-teman melakukan perjalanan dari Jakarta atau dari Jawa Barat,nanti pakai kereta ekonomi jurusan Yogya atau Surabaya, habis itu anjut pake kereta ekonomi jurusan Banyuangi. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bisa menjadi referensi buat teman-teman sekalian. Hanya tiga kata yang ingin saya sampaikan ke temen-temen sekalian " Lombok itu Indah ". Sekian terimakasih.Wassallaaaamm. 

Lampiran :
Biaya-biaya yang dikeluarkan selama perjalanan :
1. Tiket kereta kelas ekonomi AC ( Sritanjung ) Rp.50.000,-/ orang  ( hari normal )*
2. Tiket kapal ferry ke Bali Rp. 6.500,-/orang* 
3. Tiket bus angkutan umum di Bali Rp. 50.000,-/ orang*
4. Tiket kapal ferry ke Lombok Rp. 40.000,-/orang*
5. Taksi ke pusat kota - Rp.100.000,-/ taksi*
6. Biaya tak terduga Rp. -
7. Biaya konsumsi di perjalanan ( tergantung teman-teman )

Ket * :
Harga setiap tahun naik tapi tidak terlalu jauh naiknya. 


Penulis : Lazwardy Perdana Putra

24 komentar:

  1. Wahhh kapan kapan bisa dicoba nih :)

    BalasHapus
  2. Dicoba aj mas broo.. djamin dpt pengalaman yg seru... :)

    BalasHapus
  3. mas kl dah nyampe pelabuhan lembar, kl rencana wisata nya ke senggigi, kampung sasak, pantai kuta dan tanjung aan, bagusnya kemana dulu? dan naik apa? apakah ada angkutan umum? tq

    BalasHapus
  4. Halo gan mau tanya bus gilimanuk-padang bai namanya apa ya? Jam operasinya kapan aja? Denger2 dari temen dari gilimanuk adanya cuma ke denpasar..

    BalasHapus
  5. Termakasi Tiara atas prtanyaanny... bus yg ke padangbai langsung dri gilimanuk punya jam tertentu saja... pngalaman saya, dari jam 12 malam sampe jam 2 pagi WITA itu jadwal busnya... klo slanjutnya busnya hanya sampe Ubung saja.... klo nama busnya saya gak hafal, tp di kaca depan busnya da jurusannya... tanya sama pgawai plabuhan jika masih bngung... naiknya di terminal plabuhan gilimanuk...

    BalasHapus
  6. Kalo ke rinjani lanjut kemana bro dan naik bus apa bro thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo mw k Rinjani.. naik angkutan umum tujuan Aikmel,Lombok Timur dri Terminal Mandalika, Mataram... nanti turun d Aikmel, trus lanjut naik angkutan umum ke Desa Sembalun....

      Hapus
  7. Gan ane mau nanya nih kebetulan ane dari ujung kulon sedang melakukan perjalanan ke Bali via darat dan saat komentar ini di buat lagi transit di jogja. Yang mau saya tanyakan harga tiket ferry sekarang ke lombok berapa ya? Kalau masih terjangkau mau sekalian gitu kesana 😊 terimakasih

    BalasHapus
  8. harga tiket ferri sekitar 40ribuan... gak terlalu mahal.. terimakasi udh mampir d my blog

    BalasHapus
  9. LIBURAN MURAH KE LOMBOK
    SURYA TOUR & TRAVEL LOMBOK

    Sewa Mobil (Driver+BBM) Rp. 450.000/12jam

    Paket Tour 2D1N : Rp. 513.000
    Paket Tour 3D2N : Rp. 715.000
    Paket Tour 4D3N : Rp. 1.026.000
    Paket Tour 5D4N : Rp. 1.333.000

    Sailing KOmodo : Rp. 1.500.000

    Contact
    HP/WA : 082113018579
    BBM : 515458AB
    email : sales@travellombok.id/suryatravellombok@gmail.com
    website : www.travellombok.id

    BalasHapus
  10. Bang lazuardy...keren blognya..jd pgen cpet2 ksna..kbtulan mw k lombok trus mw lanjut bali bln januari...bole mnta info contactny ga...thanks a lot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi udh mampir d blog saya. Boleh2,pin bbm aj ya 52A61DA7

      Hapus
  11. Haii,,mau nanya. Klo nyampe dipelabuhan gilimanuk tgh malam disana aman ga? Trs klo mau ke padang bai naik bus ato mobil2 carteran? Msi ga kebayang pas di gilimanuknya. Agak was2,,hehehe. Terimakasih

    BalasHapus
  12. Maaf mau tanya utk tarif bus gilimanuk - padangbai tahun ini brp ya? Trims

    BalasHapus
  13. Sekitar 60ribuan mas dri Gilimanuk - Padangbai... dtawar aj, bisa kok :)

    BalasHapus
  14. Ayu Wulandari : Angkutan d Terminal Gilimanuk mulai broperasi skitar jam 1 pagi waktu sana... Kalo angkutan pertama biasanya langsung jurusan Padangbai, klo udh di atas jam 3 pagi ( angkutan sampe Ubung saja ) tp jngan khawatir nanti lanjut lg dri Ubung k Padangbai pake angkutan warna putih n kuning . :)

    BalasHapus
  15. Mantab,
    Jd pengen jadwal. Kesana taun ini

    BalasHapus
  16. Balasan
    1. Trimakasi udh mampir. Klo pulangny, kebalikannya. setelah sampai d Padangbai, bisa naik angkot menuju terminal Ubung, dri Ubung pindah naik bus k arah Gilimanuk. kereta Sritanjung brangkat jam 6 pagi dari Stasiun Banyuangi Baru. jd jadwal harus mnyesuaikan... diatur aj kbrangkatannya. :)

      Hapus
  17. Informatif sekali ne.. kita pengen ke lombok 5 hari bulan september nanti, bisa minta tolong kasih rekomendsi tempat wisata yang menarik untuk maksimalin waktu 5 hari keliling lombok gak ?thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda dlm waktu lima hari bisa ke Pantai Kuta, Tanjung Aan, Selong Belanak, Air Terjun Tiu Kelep, Tebing Kelep, Gili Trawangan, Meno dan Air, Gili Nanggu, Gili Kedis, dan ke Islamic Center Mataram :)

      Hapus
  18. Mas mau tanya dong kalo buat pulang dari gili ke jakarta via darat jam operasi transport nya gimana yaa. Baru pertama kali soalnya. Bingung mau nyesuain kereta banyuwangi minggu jam 05.00 pagi. Tolong infonya. Terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pnyebrangan trakhir dari Gili k plabuhan bangsal jm 4 sore via publik boat...Nanti dri bangsal k Mataram sekitar 1 jam prjalanan.. Bru nanti dri Mataram k Plabuhan Lembar naik taksi aj.. Stelah naik kapal, sekitar 4 jam sore pelayaran k Bali, Pelabuhan Padangbai.. Nanti dri Padangbai naik angkot yg k Terminal Ubung.. Kira2 jam 11 malam di terminal ubung, lanjut lg pake minibus ke Pelabuhan Gilamanuk.. Klo sampai Gilimanuk jam 3 pagi.. Bisa langsung nyebrang k Ketapang, Banyuangi.. Naik kereta Sritanjung tujuan Surabaya dan Yogyakarta..

      Hapus