Pages

10 Jembatan Terpanjang di Indonesia

Jembatan adalah suatu struktur kontruksi yang memungkinkan route transfortasi melalui sungai, danau, kali, jalan raya, jalan kereta api dan lain-lain. Jembatan adalah suatu struktur konstruksi yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai saluran irigasi dan pembuang . Jalan ini yang melintang yang tidak sebidang dan lain-lain.Mengingat fungsi darJi jembatan yaitu sebagai penghubung dua ruas jalan yang dilalui rintangan, maka jembatan dapat dikatakan merupakan bagian dari suatu jalan, baik jalan raya atau jalan kereta api. Ini ada 10 jembatan yang terpanjang di Indonesia antara lain : 

10. Jembatan Kutai Kartanegara ( 580 m )



Jembatan Kutai Kartanegara adalah jembatan yang melintas di atas sungai Mahakam dan merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia.Jembatan ini merupakan sarana penghubung antara kota Tenggarong dengan kecamatan Tenggarong Seberang yang menuju ke Kota Samarinda.

9. Jembatan Kahayan ( 640 m )


Sebuah jembatan sepanjang 640 m yang dibangun tahun 1995, menghubungkan kota Palangkaraya dari Jl. Pierre Tendean menuju Kabupaten Barito utara dan Barito selatan. Di bawahnya mengalir sungai Kahayan yang berkelok-kelok. 

8. Jembatan Tengku Fisabilillah / Jembatan Barelang (642 m)


Jembatan Barelang (singkatan dari Batam, Rempang, dan galang) adalah nama jembatan yang menghubungkan pulau-pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. Masyarakat setempat menyebutnya “Jembatan Barelang”, namun ada juga yang menyebutnya “Jembatan Habibie”, 

7.Jembatan Rumpiang (753 m)


Rumpiang, tadinya hanyalah sebuah nama desa di tepian Sungai Barito, Kalimantan Selatan yang tak dikenal orang. Kini, nama Rumpiang mulai dikenal, setidaknya bagi warga Kota Marabahan. Pasalnya sederhana, nama desa itu kini menjadi nama sebuah jembatan megah dengan panjang 753 m di atas sungai Barito. Jarak jembatan ini dari kota Banjarmasin sekitar 44 kilometer.

6. Jembatan Mahulu (789 m)


Jembatan Mahulu (789 m), terletak di Samarinda melintasi sungai Mahakam. Jembatan ini menghubungkan Samarinda dengan Samarinda Seberang.

5.Jembatan Barito (1082 m)


Jembatan ini terletak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Jembatan ini memiliki panjang 1082 m dan lebar 10,37 m. Ketinggian muka air sungai dengan jembatan yaitu 15-18 meter.

4.  Jembatan Ampera (1.117 m)


Jembatan Ampera adalah sebuah jembatan di Kota Palembang, Propinsi Sumatera Selatan,Indonesia. Jembatan Ampera, yang telah menjadi semacam lambang kota, terletak di tengah-tengah kota Palembang, menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi.

3. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah / Jembatan Siak (1.196 m)


Jembatan ini terletak di Ibukota Provinsi Riau. Jembatan ini memiliki panjang 1196 m dan panjang 16,95 m. Hal unik yang terdapat di jembatan ini yaitu di puncak tiang jembatan ini terdapat restoran. Di dalam restoran tersebut kita dapat melihat pemandangan kota Riau yang mempesona.

2.Jembatan Pasupati (2.147 m)


Jembatan ini terletak di kota Bandung. Jembatan yang menjadi ikon baru kota Bandung ini memiliki panjang 2147 m dan lebar 21,53 m. Jembatan ini dapat mengatasi kemacetan yang sering melanda daerah tersebut.

1. Jembatan Suramadu ( 5.438 m )


Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan terpanjang di Asia Tenggara ialah Bang Na Expressway di Thailand (54 km). Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar